Minggu, 06 Juli 2014

Bapak, aku harus pulang.

Diantara deretan bangku itu.. ada 1 tatap yg sedari tak lepas menatap waktu.. jam ditangannya. Entah apa yg dia tunggu entah apa yg dia khawatirkan.
Dan bahkan sedari tadi ada tatap lain yg tak lepas memperhatikan sosok itu.. aku.
Kenapa aku begitu khawatir?
Bahkan untuk tau apa yg terjadipun aku tak berani menanyakan.
Tangannya menyapu airmata yg perlahan mengalir hangat dipipinya.
Ya Tuhan.. dia menangis.
Kenapa aku makin cemas..?
Pintu ruangan itu terbuka, seorang dokter keluar dan menghampirinya. Dengan raut wajah penuh kesedihan, dokter itu memeluknya.. entah apa yg dibisikan.. aku tak mampu mendengar..
Ya Tuhan ada apa ini...
Dia duduk, memukul mukul lantai..
Maafkan Bapak nak.. maafkan bapak.. ucapnya sambil memeluk kakinya..
Entah siapa lagi itu yg datang, tapi semakin dekat aku semakin mengenalnya.. Bang ari..
Ada apa ini Tuhan..
Akupun mendekat.. walau langkah ini terasa berat..
Bang Ari memeluknya.. bahkan dia ikut menangis..
Aku penasaran.. dengan lancang aku masuk kedalam.
Deg..
Seketika langkahku berhenti. Terpaku. Diam.
Aku terdiam beberapa saat..
Ada apa ini Tuhan.. lagi pertanyaan itu ku ulang.
Ada apa dengan aku..?? Aku menangis.. aku berteriak.
Siapa yg aku lihat ini??? Tak mungkin ini aku. Tak mungkin itu akuu..!!! Tak mungkin aku mati..
Braaaak.. suara pintu terbuka dengan keras..
Bapak.. Bapakku menangis.. Bapakku memeluk aku..
Pak.. aku disini pak.. anakmu disini pak.
Bangun Nak.. Banguuun...!!! Jangan tinggalin bapak nak, kamu harta bapak satu satunya.. Bangun nak..
Bapak terus berteriak menggoyangkan ragaku..
Ya Tuhan ini sakit sekali.. sakit sekali..
Bang sudah Bang.. alya sudah meninggal Bang.. ikhlaskan bang, relakan.
Dia hartaku Ri, dia nyawaku Ri.. ucap Bapak sambil menunjuk nunjuk ragaku.
Tapi Bang, Tuhan punya kehendak lain Bang..
Ikhlaskan dia Bang, kasihan alya.
Bang ari yg sedari tadi mencoba tegar, akhirnya mampu meredakan Bapak yg sedari tadi memeluk tubuhku..
Aku mati Tuhan?? Aku mati?? Tangisku tak terbendung. Pak.. aku masih disini pak.. tolong rasakan aku pak..
Lagi.. aku tak bisa merengkuh raga bapakku sendiri..
..........
"Kecelakaan tadi pagi menewaskan seorang gadis berusia 16 tahun bernama Alya Hadiyan.
Alya yg sedang berjalan menuju sekolahnya tiba tiba tertabrak motor yg dikendarai dgn kecepatan tinggi. Tubuhnya terpental sejauh beberapa meter. Kepalanya terbentur trotoar dan korban langsung tak sadarkan diri. Seketika warga melarikannya ke RS terdekat. Alya meninggal dalam perawatan. Selamat jalan Alya, anakku, sahabatku.. semoga kau mampu menggapai mimpimu disana untuk bisa bertemu dengan ibumu di surga."
Berita di mading sekolahnya ini begitu menggemparkan. Alya.. gadis pintar dengan sejuta bakat kini telah tiada.
...........
Kamu yg tenang ya Nak disana.. Bapak akan selalu mendoakanmu dari sini. Titip salam untuk ibumu, bahwa bapak sangat merindukannya. Tunggu bapak, jika sudah waktunya Bapak akan segera pulang. Dan kita akan berkumpul lagi, bahagia bersama yg Abadi dgn kalian.
Tanah merah ini menjadi saksi, betapa banyak yg kehilanganmu.. termasuk aku.. bapakmu Nak.
Maafkan bapak belum bs membahagiakanmu didunia. Tapi Insya Allah doa doa yg bapak kirimkan dr sini mampu memberimu kebahagiaan yg belum pernah kamu rasakan.
........
Alya masih berdiri bahkan melayang disamping bapaknya. Dia tak lagi mampu menangis. Yg dia rasakan hanya dingin yang luarbiasa..
Tanah merah itu telah membenamkan raganya, mengubur semua mimpinya untuk bisa membahagiakan seorang malaikat yg kini sedang meratapi makamnya. Bapak.
Alya pamit pak, semoga Alya mampu berjumpa dengan ibu. Akan alya sampaikan limpahan rindu bapak yg selama ini bapak pendam sendiri. Tuntun alya dengan doa darimu pak,. Seketika Alya merasa ruhnya ditarik begitu kuat entah berasal darimana. Namun alya mampu tersenyum, aku akan bertemu dengan Ibu. Maafkan Alya pak, alya harus pulang..
.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar